oleh

10 Keajaiban Kurma

-Berita-298 Dilihat
Sriwijaya Aktual – Kurma adalah buah-buahan utama di Timur Tengah. Orang-orang di sana menikmati kurma setiap tahun, tetapi di bulan Ramadhan kurma menjadi sangat penting.
Selama bulan suci Ramadhan, umat muslim berpuasa dari matahari terbit sampai terbenam. Maka, wajar jika berpuasa dapat menimbulkan efek negatif pada tubuh, seperti menurunnya tingkat energi, gula darah rendah, dan tekanan darah rendah.
Untuk memperbaiki ketidakseimbangan di tubuh tersebut, umat muslim dianjurkan berbuka puasa dengan kurma karena manfaatnya yang sangat besar bagi tubuh.
Kurma mampu memberikan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan yang terkuras selama berpuasa. Buah dari tanaman jenis palma ini kaya akan zat besi, kalsium, magnesium, selenium, serat, kalium, sukrosa, glukosa, dan fruktosa.
Karbohidrat yang terkandung dalam kurma dicerna secara perlahan oleh tubuh dan melepas energi secara berkelanjutan. Kurma juga mengontrol rasa lapar ketika berbuka, sehingga menghindari seseorang makan secara berlebihan setelah puasa.
Kurma juga mempersiapkan perut setelah pencernaan tidak aktif ketika berpuasa. Makanan pokok dari Timur Tengah ini merangsang sekresi enzim pencernaan di dalam perut yang membantu pencernaan makanan. Di bulan Ramadhan buah ini bermanfaat untuk mencegah sembelit.
Berikut sepuluh manfaat kurma selama bulan Ramadhan:
1. Penambah energi
Kurma menyediakan dengan cepat energi yang dibutuhkan tubuh ketika Anda berpuasa. Kandungan kurma yang kaya akan glukosa, fruktosa, dan sukrosa, dapat langsung meningkatkan energi yang terkuras.
2. Menurunkan tingkat kolesterol
Selama berpuasa, tubuh melakukan proses terus-menerus untuk mengeluarkan racun. Kurma adalah salah satu makanan yang dapat membantu proses detoksifikasi kolesterol. Kurma dapat mengusir kolesterol jahat dari tubuh sehingga menjaga jantung dan otak agar tetap sehat.
3. Antibiotik alami
Beberapa varietas kurma dapat membunuh infeksi bakteri dalam tubuh karena mengandung khasiat antibiotik yang kuat. Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian yang menyatakan efektifitas kurma kurang lebih lima puluh persen sama dengan antibiotik penisilin.
4. Menyembuhkan sembelit
Kurma adalah buah yang kaya akan serat sehingga membantu untuk buang air besar. Mengonsumsi kurma dapat mencegah sembelit. Tak cuma itu, kurma juga meningkatkan gerakan periltastik di usus yang penting untuk buang air besar.
5. Memperkuat tulang
Kurma kaya akan mineral, contohnya tembaga, selenium, magnesium, kalsium, dan lain-lain. Semua mineral ini diperlukan untuk tulang yang kuat.
6. Mencegah kanker dan penuaan dini
Antioksidan yang dikandung kurma juga berfungsi membantu membersihkan tubuh dari radikal bebas dan racun. Antioksidan ini mendetoksifikasi hati dan melawan sel-sel kanker. Kurma juga mencegah penuaan dini.
7. Mengatasi anemia
Kurma kaya akan zat besi. Mengonsumsi kurma secara teratur dapat membantu pembentukan hemoglobin, bagian penting dari sel darah merah yang bertugas membawa oksigen ke sel-sel tubuh. Disarankan untuk memakan kurma jika Anda menderita penyakit anemia.
8. Mencegah stroke dan serangan jantung
Kurma kaya akan magnesium yang baik untuk jantung dan pembuluh darah. Kurma mencegah penyumbatan arteri sehingga membantu darah mengalir dengan lancar. Mengonsumsi kurma membuat jantung Anda sehat dan mencegah serangan jantung.
9. Membantu kehamilan sehat
Mengonsumsi kurma saat hamil dapat mencegah anemia, tekanan darah tinggi, dan membuat tulang jadi sehat. Kurma juga membantu proses persalinan sehingga tidak perlu lagi tindakan induksi persalinan.
10. Menurunkan tekanan darah
Penderita penyakit hipertensi harus mengonsumsi kurma. Sebab, buah ini kaya akan kalium dan magnesium yang mengatur tekanan darah menjadi normal. Kurma juga mengurangi kekakuan arteri sehingga aliran darah menjadi normal. (cnn/tvsx)

Komentar