5 Wisata Alam Opsi Favorit Dikala Liburan ke Sumatera Selatan

Sriwijaya Aktual – Sumatera Selatan menyimpan sejumlah keindahan alam yang tak kalah eksotisnya dengan daerah lain. Seperti gunung, bukit, air terjun, dan juga danau. Hanya saja, lokasinya memang berada di luar Kota Palembang.

Meski harus menempuh jarak 5-7 jam perjalanan untuk mencapai objek wisata tersebut, namun hal itu akan terbayarkan dengan pesona keindahan alam yang membuat mata segar memandang, dan sejenak meninggalkan penatnya kehidupan perkotaan.

Berikut ini ada beberapa objek wisata alam pilihan yang dapat Anda masukkan ke dalam daftar tujuan wisata saat berada di Sumatera Selatan.

  1. Gunung Dempo
5 Wisata Alam Opsi Favorit Dikala Liburan ke Sumatera Selatan


Gunung Dempo terletak di Kota Pagaralam dengan jarak tempuh darat sekitar 7 jam dari Palembang, ibu kota Provinsi Sumatera Selatan. Sesuai dengan namanya, Kota Pagaralam dikelilingi oleh pegunungan Bukit Barisan dan yang tertinggi adalah Gunung Dempo.

Jika di Jawa Barat ada Puncak Bogor, Kota Pagaralam sering disebut juga sebagai puncaknya Sumatera Selatan. Sebab, konturnya daerah pegunungan maka udara sejuk akan menyambut Anda ketika tiba di tempat ini.

Saat berada di taman Gunung Dempo, hamparan kebun teh akan menyejukkan mata. Selain itu, di sekitar Gunung Dempo ini Anda akan menemukan sejumlah objek wisata menarik lainya, khususnya air terjun atau curug di antaranya Curug Embun, Mangkok, Putri, Tujuh Kenangan, dan Maung.

  1. Bukit Jempol
5 Wisata Alam Opsi Favorit Dikala Liburan ke Sumatera Selatan


Berada di Kabupaten Lahat, Bukit Jempol mempunyai nama peta Bukit Serelo. Bukit ini berlokasi di Desa Perangai, berjarak sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Lahat.

Memiliki tinggi sekitar 900 meter di atas permukaan laut, bukit ini bisa dilihat dari Kabupaten Muara Enim. Nama Bukit Jempol sendiri dipakai oleh masyarakat Lahat mengingat bentuknya yang seperti jempol.

Namun bukit ini juga dikenal dengan nama Bukit Tunjuk karena pada sisi pandang yang lain justru berbentuk seperti jari yang sedang menunjuk ke atas. Selain itu, bukit jempol juga dianggap menjadi tempat berkemah yang asyik.

Para pecinta alam dari Palembang mengungkapkan Bukit Jempol mempunyai pemandangan alam yang indah, selain juga mempunyai vegetasi yang unik yaitu, tumbuhan puspa, serta kebun teh, dan kopi milik warga di bagian pertama pendakian. Jika beruntung, para pendaki juga bisa melihat sekawanan gajah liar yang sedang dilatih.

  1. Bukit Besar
5 Wisata Alam Opsi Favorit Dikala Liburan ke Sumatera Selatan


Masih berada di Kabupaten Lahat, letak bukit ini bersebelahan dengan Bukit Jempol. Bukit ini berada di Desa Perangai, Kecamatan Merapi Selatan, dan memiliki ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut.

Bukit Besar adalah sebuah destinasi yang terletak di deretan Bukit Barisan di Pulau Sumatera. Puncaknya memiliki hamparan rumput yang luas, lengkap dengan hembusan angin yang menyejukkan. Keadaan alam sekitar pun masih cukup asri dan hijau. Dari atas sini, panorama Kabupaten Lahat dapat jelas terlihat.

  1. Danau Ranau


Danau Ranau merupakan danau terbesar kedua di Sumatera. Danau ini terletak di perbatasan Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Provinsi Sumatera Selatan.

Secara geografis, topografi Danau Ranau adalah perbukitan yang berlembah hal ini praktis menjadikannya memiliki cuaca yang sejuk. Tepat di tengah danau terdapat pulau yang bernama Pulau Marisa.

Di sana terdapat sumber air panas yang sering digunakan para penduduk setempat ataupun para wisatawan yang datang ke pulau tersebut terdapat air terjun, dan penginapan. Danau ini juga menjadi objek wisata andalan dari Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan.

  1. Air Terjun Bedegung
5 Wisata Alam Opsi Favorit Dikala Liburan ke Sumatera Selatan


Ketinggian air terjun Bedegung mencapai 99 meter, dan berlokasi di Desa Bedegung, Kelurahan Tanjung Agung, Muara Enim. Dengan demikian, air terjun ini merupakan salah satu yang tertinggi di Indonesia.

Sepanjang rute menuju Air Terjun Bedegung, Anda akan disambut hijaunya hamparan pepadian yang membentang luas sepanjang jalan dan suasana alamnya yang sangat kental.

Air Terjun Bedegung bisa dikatakan sebagai salah satu air terjun yang dekat dari Kota Palembang dengan jarak sekitar 5 jam perjalanan. (jrs)

Komentar