Pasang Iklan Murah disini

Aplikasi Pengganti WhatsApp Makin Canggih, Pantas Orang Banyak yang Pindah

Aplikasi Pengganti WhatsApp Makin Canggih, Pantas Orang Banyak yang Pindah
Foto: cover topik/WhatsApp Dibajak & Kritik Pedas Bos Telegram Luar/Aristya Rahadian Krisabella

 

Sriwijaya Aktual – Telegram yang digadang-gadang sebagai aplikasi pengganti WhatsApp punya amunisi baru untuk menggenjot pertumbuhan aplikasi pesan singkatnya.

Microsoft baru saja menanamkan fitur bot berbasis kecerdasan buatan (AI) ‘Copilot’ ke Telegram. Fitur itu memungkinkan pengguna mencari informasi, memberikan pertanyaan, dan berinteraksi dengan chatbot AI.

Copilot di Telegram saat ini masih dalam tahap uji coba beta dan tersedia secara gratis untuk pengguna Telegram di mobile dan desktop.

Pengguna bisa berinteraksi dengan Copilot melalui kolom chat, seperti mengobrol dengan manusia asli, dikutip dari TheVerge, Kamis (30/5/2024).

Copilot di Telegram dapat diakses dengan menambahkan bot Microsoft dengan akun @CopilotOfficialBot.

Hal ini menjadi salah satu amunisi Telegram untuk bersaing dengan WhatsApp. Baru-baru ini, Telegram mengumumkan akan segera menghimpun 1 miliar pengguna pada akhir 2024.

Sebagai perbandingan, pengguna aktif WhatsApp lebih dari 2 miliar pada 2023 lalu. Pertumbuhan Telegram yang makin mendekati WhatsApp, menurut CEO Pavel Durov, dipicu beberapa faktor.

Salah satunya, Telegram diklaim netral dan memiliki enkripsi yang kuat, serta tak akan mau ditekan oleh kepentingan politik manapun untuk melakukan sensor konten tertentu.

Sebagai informasi, perusahaan AI berbondong-bondong memperluas akses chatbot-nya ke layanan pesan singkat. Misalnya saja Meta yang menanamkan Meta AI ke layanan Messenger, WhatsApp, dan Instagram.

Pengguna juga bisa mengakses Gemini AI di dalam Google Messages pada HP Android.

Untuk mengakses Copilot di Instagram, pertama-tama harus mencari akun bot tersebut. Lalu, pengguna akan ditanya apakah bersedia membagikan nomor telepon yang terdaftar di akun Telegram ke Microsoft.

Dalam blognya, Microsoft mengatakan Copilot di Telegram bisa dipakai untuk menanyakan rekomendasi film untuk ditonton, mencari inspirasi olahraga rutin, hingga membantu pekerjaan coding, menerjemahkan obrolan, dan mencari fakta serta informasi tertentu di internet. (*)

Spesial Untuk Mu :  Muhammadiyah Sudah Tetapkan Ramadhan dan Idul Fitri 2017