Pasang Iklan Murah disini

Di Bagian Bumi Mana Matahari Terbit yang Pertama Kali?

Bumi mana yang merasakan Matahari terbit pertama kali

Di Bagian Bumi Mana Matahari Terbit yang Pertama Kali?
Ilustrasi

Sriwijaya Aktual – Kita tahu bahwa saat Matahari terbit di suatu tempat maka di tempat lain di Bumi, Matahari akan terbenam. Begitulah perputaran Bumi terhadap Matahari. Namun, bagian Bumi mana yang merasakan Matahari terbit pertama kali?

Seorang Sarjana Pascadoktoral dalam Astrofisika Teoretis di Institut Teknologi California (Caltech), Cameron Hummels, mengatakan bahwa di planet Bumi yang berputar dan bulat, Matahari merayap tanpa henti di atas cakrawala.

Dalam hal ini, jika dilihat dari sudut pandang fisik, sebenarnya tidak ada Matahari terbit “pertama”. Melainkan hanya ada serangkaian Matahari terbit terus-menerus yang terjadi semakin jauh ke barat.

Namun untuk melacak waktu, manusia membuat sistem pengatur waktu yang disepakati secara global, termasuk zona waktu dan garis penanggalan internasional. Ini untuk menandai garis di Bumi, saat satu hari berakhir dan hari berikutnya dimulai.

“Jadi matahari terbit ‘pertama’ yang disepakati terjadi pada garis penanggalan internasional,” kata Hummels, dikutip dari Live Science.

Spesial Untuk Mu :  Awas!! Tujuh Hukum Alam Semesta