oleh

Es Air Mata Pengantin – Minuman Segar Khas Riau

-Berita-252 Dilihat
Sriwijaya Aktual – Air Mata Pengantin merupakan sebuah nama minuman khas Indonesia yang berasal dari Riau.
Dinamakan Es Air Mata Pengantin karena dulunya minuman ini biasa disajikan saat acara pernikahan maupun acara-acara lainnya yang mengandung unsur kebahagiaan.
Sehingga seringkali orang menyebut minuman ini sebagai simbol dari air mata yang bahagia.
Minuman ini rasanya sangat segar dan enak. Isinya terdiri dari berbagai macam agar-agar yang kenyal dan berwarna-warni. Selain itu minuman ini juga dilengkapi dengan biji selasih, sirup, serutan es batu, serta blewah.
Biji selasih selain biasa digunakan sebagai pelengkap atau campuran minuman dingin, juga mempunyai beberapa manfaat untuk kesehatan. Diantaranya adalah dapat membantu mengurangi masalah pencernaan, menghilangkan rasa sakit, menurunkan demam dan lain-lain.
Resep es air mata pengantin sebenarnya memiliki komposisi bahan yang mudah anda dapatkan. Apabila anda akan membuat es air mata pengantin ini maka anda harus memastikan bahwa bahan-bahan yang anda gunakan masih segar supaya kesegaran dari minuman ini dapat anda rasakan.
Minuman ini cocok diminum pada siang hari karena akan membuat tenggorokan anda semakin segar. Khususnya pada bulan Ramadhan, minuman ini juga menjadi favorit pelepas dahaga setelah seharian berpuasa.
Cara Membuat Es Air Mata Pengantin
Di bawah ini akan dijelaskan cara membuat dan resep Es air mata pengantin yang segar dan akan membuat lidah anda bergoyang. Anda cukup memperhatikan dengan seksama tahap-tahap yang ada pada penjelasan di bawah ini.
Bahan-bahan
  1. Agar-agar warna putih.
  2. 600 ml air.
  3. 100 gram gula.
  4. Bahan pewarna kuning,hijau dan merah.
  5. 15 gram biji selasih.
  6. 175 ml sirup coco pandan.
  7. Es serut
Pembuatan
  1. Rebus gula bersama agar-agar sampai mendidih dan bagi beberapa menjadi beberapa bagian.
  2. Campurkan pewarna pada cairan agar-agar tersebut dan masukan ke dalam mesin pendingin, setelah membeku serut memanjang.
  3. Masukan agar-agar tersebut kedalam gelas bersama biji selasih dan sirup.
  4. Tambahkan es serut dan sajikan.
Selamat menikmati. (*)

Komentar