oleh

Google Kenalkan Fitur Baru di Asisten Virtual, Bisa Bacakan Dongeng

loading...

SriwijayaAktual.com – Google Assistant telah menjadi salah satu asisten virtual populer yang banyak digunakan di seluruh dunia. Fitur-fitur canggih di dalamnya bisa digunakan untuk berbagai keperluan termasuk memerintahkan tindakan jika terkoneksi dengan ekosistem perangkat rumah pintar atau smart home.

Terbaru soal Google Assistant, pada gelaran Consumer Electronic Show (CES) 2020, Google telah memperkenalkan fitur baru untuk asisten virtualnya. Fitur ini akan dapat membacakan artikel berita, blog, berbagai macam buku atau dongeng kepada pengguna saat diminta.

Dikutip JawaPos.com dari laman resminya pada Jumat (10/1/2020), saat ini fitur tersebut sedang dalam pengembangan. Fitur itu dinamai Read It dan akan dapat mengubah teks apa pun yang user miliki di layar untuk bersuara.

Menariknya lagi, fitur tersebut mendukung setidaknya 42 bahasa saat diluncurkan secara resmi nantinya. Google juga akan menyertakan kemampuan gulir otomatis dan penyorotan teks yang membantu pengguna membaca teks saat sedang dibacakan.

Ketika Anda mengatakan ‘Oke Google, bacalah’, itu akan mengaktifkan mesin text-to-speech dan akan membacakan dengan cara yang diklaim Google sealami mungkin. Namun, artikel tersebut harus dibuka baik di aplikasi Google, Google Chrome, atau platform Google News dan belum akan mendukung aplikasi pihak ketiga.

Menurut David Kadouch, Pimpinan Produk di Divisi Riset dan Kecerdasan Mesin di Google, user juga akan dapat menerjemahkan dan kemudian membacakan artikel itu dengan keras, tetapi pembelajaran mesin masih agak glitchy saat menerjemahkan kata dan kalimat dalam jumlah besar.

Meski sudah memberikan pratinjau di gelaran CES 2020, Google belum mengungkapkan apa-apa tentang waktu peluncuran fitur baru tersebut. Fitur Read It Google Assistant saat ini masih diklasifikasikan sebagai fitur yang akan segera hadir. [jpc]

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed