oleh

Inilah ! 5 Tips Ringkas Meredakan Sakit Kepala dengan Cepat

loading...

Sriwijaya Aktual – Sakit kepala seringkali datang tiba-tiba dengan nyeri yang tak tertahankan. Tapi Anda dapat mengatasinya dengan sejumlah tips meredakan sakit kepala berikut ini.

Sakit kepala merupakan rasa nyeri pada bagian kepala yang dapat muncul mendadak ataupun bertahap. Rasa nyeri dan berdenyut di kepala ini dapat menyerang satu sisi saja atau seluruh bagian kepala.

loading...

Jenis gangguan kesehatan ini umumnya muncul karena syaraf nyeri yang aktif akibat kurang tidur atau juga terlambat makan. Beberapa sakit kepala lain muncul karena sejumlah penyakit seperti migrain, sakit gigi, hingga hipertensi.

Selain obat-obatan, sakit kepala dapat diatasi dengan beberapa langkah. Berikut tips untuk meredakan sakit kepala dengan cepat.

  1. Kompres dengan es
    Cobalah untuk mengompres kepala dengan es atau ice pack. Rasa dingin dapat menyempitkan pembuluh darah sehingga membantu mengurangi transmisi sinyal rasa sakit ke otak. Dengan begitu, rasa sakit pun bakal berkurang.

Kompres atau letakkan es di kepala atau leher selama 15-20 menit saat rasa sakit muncul. Metode es ini merupakan salah satu metode tertua untuk meredakan sakit kepala.

  1. Kurangi paparan cahaya
    Saat sakit kepala menyerang, kurangi paparan cahaya yang Anda terima. Jika berada di ruang terbuka atau di bawah cahaya matahari segera masuk ke dalam ruangan.

Jika berada di dalam ruangan, matikan lampu atau tutup kepala Anda agar terhindar dari cahaya.

Ahli neurologi Lauren R Natbony menjelaskan sakit kepala terutama karena migrain dikaitkan dengan sensitivitas terhadap cahaya.

“Cahaya itu sendiri sebenarnya dapat menyebabkan sakit kepala, ketidaknyamanan, dan membuat sakit kepala yang ada lebih buruk. Dapat berupa sinar matahari, lampu neon, dan layar LED dan LCD dari komputer atau smartphone,” kata Natbony dikutip dari Pop Sugar.

Mengurangi intensitas cahaya juga dapat menekan sinyal rasa sakit ke otak, sehingga membantu menghilangkan rasa sakit kepala lebih cepat.

  1. Hindari kebisingan
    Ketika sakit kepala muncul, cobalah untuk menghindari kebisingan seperti tempat ramai atau tempat yang berisik. Berdiam diri di tempat yang tenang dapat meredakan stimulasi rasa sakit.
  2. Pertimbangkan konsumsi kafein
    Pertimbangkan pula untuk mengonsumsi kafein. Studi menunjukkan kafein dalam jumlah kecil dapat membantu meredakan sakit kepala.

Namun, sebagai catatan, kafein yang berlebih pada sebagian orang juga justru berpotensi jadi penyebab sakit kepala.

  1. Tidur
    Sakit kepala juga dapat diatasi dengan tidur. Coba untuk menenangkan diri dan tidur beberapa waktu. Tidur dapat membantu meringankan sakit kepala.

Selain itu, jika sakit kepala kerap muncul ubah pola tidur menjadi lebih teratur dan cukup. Tidur nyenyak yang cukup dapat meredakan sakit kepala. Kurangi pula stres karena stres dapat jadi faktor pemicu sakit kepala. (*/ptj/NMA)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed