oleh

Kaya Di Hari Raya, Ide Bisnis Ini Bisa Kamu Coba di Bulan Ramadhan!

Sriwijaya Aktual Setiap tahunnya, di bulan Ramadhan menjadi kesempatan yang begitu ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Apakah kamu juga merasakan hal yang sama? Dengan mayoritas pemeluk agama Islam, penduduk Indonesia menyambut hari raya ini dengan penuh kedamaian serta kebahagiaan. Banyak umat Muslim yang menjadikan praktek spiritual sebagai prioritas, misalnya dengan membaca Al-Quran, salat di rumah atau masjid lokal, serta berpuasa. Inilah momen bahagia yang penuh kesempatan untuk beribadah, kembali kepada diri yang suci, dan berbagi kebaikan.

Apakah itu saja? Bulan Ramadan dielu-elukan sebagai bulan yang penuh berkah, dan nyatanya, ini bukan ungkapan belaka.

Faktanya, di pekan ibadah Ramadan, peningkatan kebutuhan masyarakat untuk menghadapi puasa dan lebaran cenderung meningkat. Fenomena ini ditemukan berulang setiap tahunnya. Bulan Ramadan yang tidak hanya identik dengan ibadah, tapi juga perayaan bersama, seringkali ditandai dengan banyaknya pembelian bahan makanan, pakaian, hingga kebutuhan perabotan rumah tangga. Dengan hari raya sebagai masa yang spesial, setiap individu dan keluarga pun berusaha menjadikan setiap hari dalam bulan Ramadan berbeda dari hari biasanya. Sebagai contoh, tidak jarang kita memilih hidangan yang istimewa untuk sahur dan berbuka puasa. Beragam kue dan minuman segar pun menjadi sajian identik di penghujung hari berpuasa. Tuntas berpuasa, busana muslim yang bersih dan baru juga cenderung menjadi prioritas bagi sebagian orang ketika saling berkunjung ke sanak saudara.

Kebiasaan berbelanja di bulan Ramadan juga bisa dipicu oleh adanya tunjangan hari raya (THR) bagi umat yang merayakannya. Satu artikel dari CNBC Indonesia mengulas bahwa menjelang bulan puasa tahun 2019, konsumsi konsumen memang biasanya akan meningkat seiring dengan peningkatan kebutuhan masyarakat akan bahan makanan, pakaian, hingga kebutuhan perabotan rumah tangga. Hal ini juga dapat dilihat dari rasio penggunaan pendapatan rumah tangga untuk konsumsi yang meningkat, dari 68,1 di bulan Maret menjadi 68,5 bulan April. Menghadapi daya beli serta porsi konsumsi yang kentara, banyak orang memanfaatkan peluang yang ada untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Karenanya, setiap Ramadan, sejumlah usaha “dadakan” pun bermunculan untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Inspirasi Usaha Menyambut Lebaran

Terlepas adanya peluang dan kemauan untuk memulai usaha, yang sering menjadi pertanyaan adalah cara untuk memulainya. Harus berbisnis apa, ya?

Bagi sebagian dari kita, ide bisnis datang dengan begitu mudah, tapi bagi sebagian yang lain mungkin lebih sulit. Walaupun demikian, kita tidak perlu takut untuk mengambil langkah pertama untuk usaha kita. Sebuah artikel dari Jurnal.id mengulas lima cara mudah untuk menemukan ide bisnis sebagai pemula. Pertama, kamu bisa melakukan riset sederhana untuk mengetahui jenis bisnis dan produk yang banyak diterima pasar. Kamu juga bisa mendapatkan inspirasi dari masalah umum yang ada di sekitarmu. Setiap masalah akan membutuhkan solusi, sehingga ini bisa menjadi peluangmu untuk menawarkannya. Cara ketiga yang bisa kamu lakukan adalah belajar dari keberhasilan usaha orang lain. Dengan modifikasi yang sesuai, strategi usaha tersebut bisa kamu jadikan pelajaran yang kemudian diaplikasikan pada usahamu sendiri. Selain dari keberhasilan, kelemahan dan keluhan pelanggan dari kompetitor juga bisa kamu gunakan sebagai peluang usaha. Terakhir, cara mudah yang bisa dilakukan untuk menemukan ide bisnis adalah mengamati tren yang sedang berlangsung. Kepekaan terhadap tren bisa jadi jalanmu untuk menangkap perhatian pasar dalam waktu cepat.

Nah, kalau kamu masih bingung juga, Qasir punya lima ide bisnis sederhana yang bisa menjadi sumber inspirasi usaha rumahan kamu di bulan Ramadan.

Ide Bisnis #1: Jasa Membuat Parsel

Apakah kamu senang membuat beragam prakarya dan kerajinan tangan? Kamu akan sangat cocok dengan ide bisnis yang satu ini. Parsel atau bingkisan telah lama menjadi simbol datangnya berbagai perayaan, termasuk hari raya Idul Fitri. Parsel juga sering menjadi lambang pengganti diri yang tidak sempat berkunjung dan saling bersilaturahmi. Kebutuhan parsel yang selalu ada membuat modelnya berangsur semakin kreatif dari tahun ke tahun. Hal ini menimbulkan tantangan untuk menghasilkan parsel yang menarik perhatian. Meski begitu, ini tidak harus menjadi masalah, bahkan kita bisa menjadikannya peluang baru jika kita cermat. Untuk itu, cobalah ambil foto beberapa model parsel yang kamu bisa buat dan kumpulkan ke dalam sebuah katalog. Jangan lupa untuk bersikap lebih terbuka terhadap permintaan pelanggan. Bisa jadi itulah yang memunculkan kekhasan bingkisan buatanmu!

Ide Bisnis #2: Busana Muslim

Di hari raya, biasanya orang ingin tampil beda dari hari-hari biasa. Menunaikan ibadah puasa membawa semangat baru untuk memperbaiki diri secara luar dalam. Selain menjadi awalan baru untuk menjadi pribadi yang lebih baik, kebanyakan orang pun berusaha untuk tampil lebih rapi dan lebih islami. Nah, peluang ini bisa kamu manfaatkan untuk menjual baju muslim, apalagi kalau kamu memang memiliki selera fashion yang ciamik. Kamu bisa mulai usaha ini dengan mencari baju-baju yang akan kamu jual di sejumlah pusat grosir. Awalnya, mungkin kamu akan bingung melihat begitu banyak pilihan baju muslim. Meski begitu, kalau kamu punya mata yang jeli dalam memilih pakaian sesuai selera masyarakat, masalah ini akan mudah kamu atasi. Pilihan baju pasangan maupun seragam keluarga juga bisa jadi peluang tambahan untuk bisnismu. Agar lebih paham dengan gaya pilihan masa kini, pantau juga tren yang sedang meningkat di media sosial.

Ide Bisnis #3: Kue Lebaran

Rumah mana sih yang di mejanya tidak menyediakan kue kering di hari lebaran? Ini juga bisa menjadi ide bisnis buat kamu, apalagi kalau kamu menyukai cemilan dan gemar masak-memasak. Untung yang ditawarkan bisnis kue lebaran ini pun cukup menggiurkan. Walau pangsa pasarnya ada, bagaimana menjadikan kue kering kamu berbeda dari yang lainnya? Kamu bisa mengkreasikan kue kering yang beda dari yang lain, misalnya dengan modifikasi bentuk, rasa, dan kemasan yang lebih menarik. Meski begitu, kalau kamu nggak mau repot, kamu juga bisa membeli kue lebaran yang sudah jadi melalui produsen atau supplier, alias menjadi reseller. Tentu syaratnya adalah kamu harus mencobanya terlebih dahulu untuk menjamin keberhasilan usaha. Pilihlah kue yang rasanya enak dan bentuknya manis agar kue yang kamu jual mampu bersaing dengan kue lebaran yang ditawarkan penjual lain.

Ide Bisnis #4: Jualan Takjil

Gorengan, lontong isi, kolak, es buah, bubur sumsum, es campur. Duh, baru membayangkannya saja air liur sudah mengalir. Menahan rasa haus dan lapar setelah seharian berpuasa tidak jarang meningkatkan selera dan nafsu makan di akhir hari. Mayoritas pun memilih berbuka dengan hidangan manis, yang seringkali dikaitkan dengan perasaan bahagia. Dari tahun ke tahun, tidak heran kalau penjual takjil semakin bertambah, tapi yang mengherankan, nggak pernah ada yang kemudian kapok berjualan takjil. Bagaimana bisa? Ini adalah bisnis yang memang sangat menjanjikan. Dari pemilik usaha kecil hingga restoran, mayoritas menawarkan takjil dengan gaya penyajian masing-masing di bulan Ramadan. Kamu pun bisa mengambil peluang ini. Misalnya, kamu bisa mulai berjualan di pinggir jalan, halaman depan rumah, atau pada teman-teman di kantor.

Ide Bisnis #5: Ragam Jasa Bantuan

Di masa hari raya, orang cenderung disibukkan dengan berbagai urusan dan kebutuhan, mulai dari persiapan sejumlah acara buka puasa, perayaan hari raya Idul Fitri, hingga mudik ke kampung halaman sebagai kebiasaan saat lebaran. Ada begitu banyak hal yang perlu disiapkan, sehingga tidak jarang orang menjadi kewalahan menghadapinya. Ini bisa jadi peluang berharga untuk melakukan beragam usaha jasa sederhana. Bisnis jasa terbilang lebih mudah dijalankan karena tidak membutuhkan modal awal yang besar serta dapat dimulai dari keahlian yang kamu miliki. Misalnya, kamu bisa menawarkan jasa asisten rumah tangga atau infal, jasa cuci kendaraan, jasa laundry, jasa dokumentasi untuk acara keluarga, ataupun jasa penitipan hewan peliharaan. Idenya tidak harus berhenti di sini. Masih banyak ide bisnis jasa yang bisa kamu pertajam lebih lanjut sesuai dengan kemampuanmu. Singkatnya, cobalah melihat kebutuhan orang-orang di sekitarmu secara lebih peka. Bisa jadi, dalam keperluan mereka, kamu pun menemukan peluang berharga.

Kamu dapat inspirasi baru, BossQ? Ketika ada niat, maka tentu ada jalan. Kalau kamu mau mencoba peruntunganmu di bulan Ramadan, ide bisnis ini bisa kamu gunakan sebagai langkah pertama.

Apapun bisnismu, produk atau jasa, besar atau kecil, biasakan untuk mencatat semua pemasukan dan pengeluaran dengan rapi. Kalau nggak, nanti bukannya untung, tapi malah buntung! Biar nggak repot, kamu cukup unduh dan gunakan aplikasi Qasir melalui aplikasi Google Play. Kamu juga bisa mendapatkan aplikasi Qasir melalui link ini: http://bit.ly/blogQasir. Semua gratis, tanpa pungutan biaya!

Nah, kalau nanti usaha kamu sudah untung, perbanyak juga memberi sedekah, agar laba bisa kita nikmati kini, dan banyak pahala menyambut kita di akhirat nanti!. [red/*]

Komentar

Banyak Berita Terhangat Lainya