Pasang Iklan Murah disini

Mantan Ketua MK Hamdan Zoelva Terkejut! PN Jakpus Perintahkan KPU Tunda Pemilu 2024

Mantan Ketua MK Hamdan Zoelva Terkejut! PN Jakpus Perintahkan KPU Tunda Pemilu 2024
Mantan Ketua MK Hamdan Zoelva

JAKARTA, Sriwijaya Aktual – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Hamdan Zoelva mengaku kaget membaca putusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat yang memerintahkan penundaan Pemilu 2024.

Melalui akun Twitter-nya, Hamdan Zoelva mempertanyakan kompetensi hakim dalam membuat putusan penundaan Pemilu tersebut.

“Sangat kaget membaca berita hari ini, PN Jakarta Pusat memerintahkan KPU menunda pemilu 2024 selama 2 tahun 4 bulan 7 hari. Walaupun masih putusan tingkat PN yang masih bisa banding dan kasasi, tetapi perlu dipertanyakan pemahaman dan kompotensi hakim PN dalam memutuskan perkara tersebut. Jelas bisa salah faham atas objek gugatan,” tulis Hamdan di akun Twitter @hamdanzoelva, Kamis, 2 Maret 2023.

Hamdan menambahkan seharusnya sengketa administrasi pemilu merupakan kewenangan Badan Pengawas Pemilu dan Peradilan Tata Usaha Negara. Sementara untuk sengketa hasil Pemilu merupakan kewenangan MK.

“Seharusnya difahami bahwa sengketa pemilu itu, termasuk masalah verifikasi peserta pemilu adalah kompotensi peradilan sendiri, yaitu Bawaslu dan PTUN, atau mengenai sengketa hasil di MK,” kata Hamdan.

“Tidak ada kewenangan PN memutuskan masalah sengketa pemilu, termasuk masalah verifikasi dan bukan kompetensinya, karena itu putusannyapun menjadi salah,” Tandasnya.

(red*)

 

 

 

Spesial Untuk Mu :  Cara Cewek Memilih Make Up Yang Aman Untuk Kulit Wajah