Berita  

MENJELANG PILPRES “MASYARAKAT HARUS PAHAM POLITIK”

Ilustrasi

MENJELANG PILPRES  “MASYARAKAT HARUS PAHAM POLITIK”
Oleh, Joko Susanto
*Aktivis BGH (Beasiswa Generasi Harapan) Sinergi Sriwijaya*
OPINI, SriwijayaAktual.com – Indonesia adalah negara demokrasi yang telah dianut sejak dahulu semenjak pasca kemerdekaan. Dalam historisnya indonesia telah melewati beberapa macam jenis demokrasi diantaranya : Demokrasi Liberal yang dimulai pada tahun 1949-1959, Demokrasi Terpimpin dimulai pada tahun 1959-1966, Demokrasi Pancasila Pada Masa Orde Baru pada tahun 1966-1998, dan yang terakhir Demokrasi Pancasila Era Reformasi yang dimulai semenjak tanggal 21 Mei 1998 Soeharto resmi mengundurkan diri.

Dari historis ini demokrasi di indonesia pada hakikatnya mencari pemimpin negara dan wakil rakyat yang tujuannya untuk tercapainya cita-cita negara indonesia yang salah satunya adalah mensejahterakan masyarakat baik dari sektor sosial, politik, dan ekonomi. Pemilihan presiden adalah bentuk sebuah demokrasi yang sering diartikan: pertama, dari rakyat. Artinya mereka yang akan menjadi calon presiden dan wakil rakyat harus berasal dari rakyat Indonesia itu sendiri. Kedua, oleh rakyat. Artinya, yang akan memilih presiden tersebut adalah rakyat Indonesia itu sendiri mereka yang menginginkan pemimpin yang baik maka mereka yang berkepribadian yang baik pun harus berpartisipasi dalam proses demokrasi ini. Dan yang ketiga, untuk rakyat. Artinya presiden yang terpilih harus melayani masyarakat Indonesia untuk mencapai tujuan bernegara di Indonesia.
Joko Susanto


Masyarakat diindonesia harus memiliki pengetahuan Politik yang mumpuni karena masyarakat harus sadar bahwa semua kebijakan baik dari harga bahan pokok pangan berupa sembako, pakaian, BBM, dan lain-lain merupakan hasil hasil dari kebijakan politik masyarakat yang apatis tentunya tidak sadar akan hal itu. Artinya, masyarakat harus benar-benar sadar akan tujuan pemilihan umum yang terjadi di indonesia. Masyarakat harus sadar bahwa tujuan adanya Pemilihan Umum adalah untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat dan juga melayani kebutuhan masyarakat. Dengan demikian masyarakat seharusnya benar-benar teliti untuk memilih pemimpin negara yang diamanahkan nantinya. [red]

Spesial Untuk Mu :  HEBOH Kampanye Jokowi? "Iklan Program Jokowi di Bioskop Sasar Milenial"