oleh

MenPAN-RB Tjahjo Kumolo Pastikan Tak Ada Seleksi CPNS 2020, “Piye to?

loading...

JAKARTA, Sriwijaya Aktual – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo memastikan tak menggelar seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) tahun ini.

Tjahjo mengatakan pelaksanaan seleksi CPNS akan kembali dibuka pada 2021. Meski demikian, ia memastikan rekrutmen untuk kedinasan seperti Akademi Kepolisian dan Akademi Militer tetap digelar.

loading...

“Rekrutmen CPNS buat tahun ini tidak ada, kecuali kedinasan yang memang sudah terprogram seperti Akpol, Akmil itu ada. Yang lain [CPNS dan PPPK] itu tetap di 2021,” kata Tjahjo, di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (6/7/2020).

Tjahjo menyatakan penerimaan CPNS harus sesuai kebutuhan pemerintah ke depannya. Semisal, ia mencontohkan personel harus memiliki keterampilan yang dibutuhkan oleh pemerintah.

“Semisal yang bidang laut apa, udara apa, sesuai kebutuhan,” ujar politikus PDI-Perjuangan itu.

Di tempat yang sama, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria mengatakan untuk tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS Tahun 2019 akan tetap digelar pada Agustus 2020. Jadwal itu ditentukan usai mengalami penundaan karena pandemi virus corona.

“Hingga awal Oktober, atau setelah ujian seleksi sekolah kedinasan selesai,” kata Bima.

Selain itu, Bima memastikan proses seleksi SKB CPNS tahun 2019 akan mengedepankan penerapan protokol kesehatan pencegahan virus corona.

Menurutnya, Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CPNS 2019 terus berkonsultasi dengan Gugus Tugas COVID-19 pusat dan daerah terkait penyelenggaraan tes tersebut.

“Panselnas akan tetapkan lokasi ujian yang meminimalisir pergerakan peserta, karena potensi pergerakan peserta kemungkinan bisa lintas kabupaten/kota, provinsi, atau bahkan harus ke Jakarta,” ujarnya.

Sebelumnya, Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan melanjutkan tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS formasi 2019 yang rencananya digelar pada akhir Agustus hingga awal Oktober 2020.

Komisi II DPR pun menyetujui kelanjutan tes CPNS formasi 2019 di tengah pandemi Covid-19. Wakil rakyat Senayan berharap tes tersebut tak menurunkan kualitas aparatur sipil negara (ASN).

Sementara, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas BKN, Paryono menyatakan pemerintah kemungkinan membuka kembali seleksi CPNS pada September tahun 2020. Paryono mengatakan, pembukaan seleksi CPNS 2020 kemungkinan akan digelar dengan kajian yang mendalam. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed