oleh

Pembukaan Prakerja 2021 Gelombang 15 di prakerja.go.id dan Cara Lolos

Oleh: Nur Hidayah Perwitasari – 18 Maret 2021

Bagi Anda yang tertarik untuk mengikuti program Prakerja Gelombang 15 bisa langsung mendaftar melalui laman https://www.prakerja.go.id/.

Sriwijaya Aktual – Head of Communication PMO Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu mengatakan program Kartu Prakerja Gelombang 15 akan dibuka hari ini, Kamis (18/3/2021) pukul 12.00 WIB.

“Hari ini jam 12.00 WIB (Prakerja Gelombang 15 dibuka) dengan kuota 600.000,” katanya.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengikuti program Prakerja Gelombang 15 bisa langsung mendaftar melalui laman https://www.prakerja.go.id/.
Sedangkan bagi Anda yang sudah pernah membuat akun di laman Prakerja dan mencoba ikut gelombang sebelumnya tetapi gagal, Anda tak perlu membuat akun lagi untuk bisa mencoba peruntungan di Prakerja Gelombang 15.

Caranya, Anda cukup menekan tombol “Gabung” pada gelombang yang sesuai preferensi untuk mengikuti seleksi selanjutnya atau seleksi Prakerja Gelombang 15.

Cara agar lolos seleksi Prakerja Gelombang 15

Agar lolos seleksi Prakerja Gelombang 15, Anda harus memenuhi syarat berdasarkan Peraturan Presiden nomor 76 tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 36 Tahun 2020 tentang Pengembangan Kompetensi Kerja Melalui Program Kartu Prakerja yaitu merupakan WNI.
Syarat agar lulus seleksi Kartu Prakerja, pelamar harus lolos beberapa layer verifikasi data, mulai dari verifikasi email, nomor ponsel, NIK, usia hingga lolos tes Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar.

Sehingga sebelum melakukan pendaftaran pastikan agar email dan nomor ponsel yang didaftarkan masih aktif.

Selain itu nantinya setelah membuat akun dan mengisinya dengan komplit, Anda harus mengikuti Tes Motivasi & Kemampuan Dasar pada situs resmi Kartu Prakerja untuk memenuhi keseluruhan proses pendaftaran.

Tes tersebut merupakan salah satu komponen yang wajib Anda ikuti untuk mendaftar dan mendapatkan manfaat Kartu Prakerja. Tes Motivasi & Kemampuan Dasar ini berdurasi maksimal 25 menit.

Anda bisa menggunakan alat bantu (kertas, pensil/pulpen) untuk menyelesaikan soal tes. Bahkan jika perlu siapkan kalkulator agar bisa lebih cepat dan tepat saat menyelesaikan tes yang berhubungan dengan angka.

Tes seleksi gelombang di Prakerja ini tentu akan mempengaruhi kelolosan Anda, sebab setiap seleksi Prakerja mempunyai periode tertentu dan kuota. Pada saat Anda melakukan proses pendaftaran, jangan lupa untuk segera ikut seleksi gelombang agar tidak ketinggalan dan kehabisan kuota.

Selain itu, ada beberapa aturan baru yang perlu Anda cermati pada program Prakerja 2021 kali ini, di antaranya:

  1. Demi pemerataan, pada pelaksanaan Prakerja Gelombang 15 ini setiap KK dibatasi maksimal dua anggota keluarga yang bisa menjadi penerima Kartu Prakerja.
  2. Untuk mendorong pemerataan penerima bantuan dari Pemerintah dan duplikasi penerima bansos, maka Kartu Prakerja tidak dapat diberikan kepada mereka yang menjadi Penerima Bansos Kemensos (DTKS), yang menerima Bantuan Subsidi Upah, Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) maupun penerima Kartu Prakerja tahun 2020.

Selain itu, menurut Louisa pada Prakerja 2021 ini yang sudah dinyatakan lolos seleksi maka dana bantuan akan langsung masuk ke dashboard. Namun masih ada syarat dan ketentuan yang berlaku sebelum Anda bisa membelanjakan uang tersebut.

“Ada hal baru yang kami terapkan bagi penerima Kartu Prakerja tahun 2021. Setelah mereka dinyatakan lolos seleksi, dana bantuan pelatihan sebesar Rp1 juta akan muncul di dashboard mereka. Tetapi sebelum bisa membelanjakan uang itu untuk membeli pelatihan, mereka wajib menonton 3 video induksi yang masing-masing berdurasi sekitar 2-3 menit. Video induksi ini akan membantu mereka memahami cara kerja program Kartu Prakerja, cara membeli pelatihan dan menautkan rekening,” tegasnya.

Nantinya, bagi Anda yang telah lolos seleksi program Kartu Prakerja Gelombang 15 akan mendapat beberapa manfaat, di antaranya:

Manfaat program Prakerja:
– Bantuan pelatihan sebesar Rp1 juta.
– Dana insentif pasca-pelatihan sebesar Rp2,4 juta yang akan diberikan sebesar Rp600 ribu selama 4 bulan.
– Dana insentif pengisian tiga survei evaluasi sebesar Rp150 ribu yang dibayarkan sebesar Rp50 ribu setiap survei.

Saat ini ada lebih dari 1.700 pelatihan dari 154 Lembaga Pelatihan yang dapat diakses melalui tujuh platform digital.

Cara buat akun Prakerja Gelombang 15.
Jika Anda ingin melakukan pendaftaran program Prakerja maka Anda harus mengunjungi situs resminya di www.prakerja.go.id lalu buat akun dan mendaftar Kartu Prakerja.

Cara buat akun:

  1. Buka www.prakerja.go.id pada browser handphone atau komputer kamu
  2. Masukkan alamat email dan password Anda, jangan lupa centang kalimat “Saya menyetujui Syarat dan Ketentuan dan Kebijakan Privasi yang berlaku”
  3. Buka email yang sudah Anda daftarkan lalu tekan “Verifikasi Email Kamu”
  4. Siapkan nomor Kartu Keluarga serta NIK kamu, masukkan data diri, dan ikuti petunjuk pada layar untuk menyelesaikan proses pemeriksaan akun. Pastikan ukuran foto KTP maksimal 2 MB.

Cara daftar Prakerja Gelombang 15

  • Siapkan kertas dan alat tulis untuk mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar secara online
  • Klik “Gabung” pada Gelombang yang sedang dibuka
  • Nantikan pengumuman peserta yang lolos seleksi Gelombang melalui SMS

Cara sukses upload KTP Prakerja Gelombang 14.

Upload foto KTP sebagai salah satu syarat daftar Prakerja sering kali menjadi kendala. Tak sedikit para pendaftar program ini yang mengalami kesulitan untuk upload foto KTP. Lantas bagaimana tips atau cara sukses untuk upload foto KTP?

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kesulitan upload foto KTP serta ketentuan ukuran dan format file foto untuk pendaftaran Prakerja:

  1. Bukan Fotokopi dan Seluruh Bagian KTP Berada Dalam Foto.
    Salah satu penyebab gagalnya upload foto KTP ke akun Prakerja saat melakukan pendaftaran bisa juga disebabkan oleh foto yang tak sesuai ketentuan pendaftaran.

Tim pelaksanaan Program Prakerja mengimbau agar pendaftar memastikan seluruh bagian dari KTP ada dalam foto yang diunggah.

Adanya sebagian sisi KTP yang tak terlihat atau tak tampak, juga berpengaruh dalam proses verifikasi data nantinya. Selain itu pastikan foto KTP yang diunggah saat mendaftar adalah asli dan bukan fotokopi.

  1. Foto KTP Berukuran Maksimal 2MB.
    Jika sudah mendapatkan foto KTP, pastikan ukuran file foto yang diunggah tak lebih dari ukuran 2 MB. Ukuran file foto yang melebihi ketentuan akan secara otomotis ditolak oleh mesin.
  2. Format Foto JPEG atau PNG.
    Pastikan format foto yang di-upload adalah JPEG atau PNG. Jika format foto yang diunggah di luar dua format di atas maka mesin otomatis akan menolak unggahan.
  3. Pastikan NIK Terdaftar.
    Selain syarat ukuran foto dan format filenya, pastikan juga nomor KTP Anda terdaftar saat akan mendaftar Prakerja Gelombang 14.

Dalam FAQ di Kementerian Ketenagakerjaan, seorang calon pendaftar Prakerja menanyakan soal NIK yang tidak terdaftar atau didak ditemukan saat mendaftar Prakerja.

Tim Kemnaker menjawab dengan mengatakan bahwa NIK tidak valid biasanya disebabkan :

  • Disdukcapil Kota/Kabupaten tempat peserta tinggal, belum melakukan update database atau sinkronisasi ke Disdukcapil Pusat.
  • Peserta yang bersangkutan dapat menghubungi Dukcapil Pusat untuk verifikasi dan cek NIKnya terdaftar atau belum di Call Center : 1500537, Facebook : Ditjen Dukcapil, Whatsapp : 08118005373, Twitter : @ccdukcapil, Email : callcenter.dukcapil@gmail.com dan SMS : 08118005373.
  1. Koneksi Internet.
    Jika semua syarat dokumen KTP sudah terpenuhi dan masih gagal mengunggah KTP, pastikan koneksi internet stabil.

Sebaiknya mendaftar menggunakan laptop atau komputer bagi yang memiliki. Jika tak punya, pastikan koneksi pada ponsel juga stabil.


Cara kompres atau mengecilkan file ukuran foto:

  1. Kraken.io
    Cara mengecilkan ukuran file foto KTP di Kraken.io dapat dilakukan dalam tiga langkah, yaitu Choose File, pilih mode Optimasi Image, dan pilih Size. Kraken.io akan menampilkan informasi ukuran file foto setelah dikompres pada menu Summary.

Lalu tinggal tunggu sejenak prosesnya, kemudian unduh saat selesai. Kraken.io juga memungkinkan untuk mengecilkan file foto dari non-folder komputer, yakni dari layanan cloud seperti Drive, Box, dan Dropbox. Mengenai outputnya nanti berupa file format ZIP.

Kunjungi situs web Kraken.io pada tautan ini.

  1. Image Optimizer.
    Cara mengecilkan ukuran file foto KTP di Image Optimizer dengan klik menu Choose File dari laman utama situs ini untuk mengambil file JPG dari folder komputer, lalu pilih Size (piksel) dan Quality, mulai Minimum hingga Best.

Kemudian, klik Optimize Now! untuk proses selanjutnya. Tunggu sejenak hingga tuntas, kemudian unduh file yang telah dikompres ukuran file-nya. Selesai.

Lain itu, Image Optimizer juga menawarkan software untuk komputer yang bisa di-download gratis untuk penggunaan lebih praktis saat perangkat tak sedang terhubung dengan internet. Unduh di sini.

Kunjungi situs web Image Optimizer melalui tautan ini.

  1. Pixlr.
    Cara mengecilkan ukuran file foto KTP di Pixlr juga tidak kalah praktis dari Kraken.io dan Image Optimizer.

Cara menggunakan situs web Pixlr dimulai dari klik menu OPEN IMAGE dari laman utama situs ini untuk mengambil foto dari folder komputer. Berikutnya klik tombol SAVE yang letaknya pada pojok kanan bawah.

Di menu SAVE ini proses mengecilkan ukuran file foto KTP bisa dilakukan. Pada menu Quality geser bar ke persentase yang diinginkan, sambil memperhatikan output ukuran file foto yang terletak di bawah indikator kualitas LOW MED HIGH.

Jika bar digeser ke kiri, ukuran file foto akan secara otomatis semakin mengecil dan sebaliknya. Bila sudah dirasa mencapai 2MB, silakan klik tombol DOWNLOAD untuk menyimpan hasil kompres foto ke komputer.
Kunjungi situs web Pixlr melalui tautan ini.
(tirtoid).

Komentar

Banyak Berita Terhangat Lainya