oleh

Resep Masak Chicken Katsu : stok lauk FROZEN

Sriwijaya Aktual – Lebih sering kami tu pengen makan enak tapi nggak pengen ribet 😄 makanya lebih seneng bikin stok lauk frozen. Yang sewaktu-waktu pengen lauk tinggal keluarin simpenan dan diolah sebentar udah siap. Jadi riwehnya tuh 1 hari itu aja pas bebikinan (foodprep),, nggak setiap hari sibuk di dapur. Toh waktu kita sebagai mak2 ni kan nggak cuma habis di dapur aja kan.

Kudu pinter2 bagi waktu, tenaga. Apalagi pas lagi capek, sibuk,, lauk frozen gini dibutuhkan banget. Penyelamat 😍

Nha, aku sendiri kalo bikin chicken katsu slalu tanpa telur. Nggak suka aja kalo pake telor pas digoreng minyak pasti berbusa. Bikin versi simpel & ekonomis gini juga udah enak.

Kalo pengen lebih gurih bisa pake susu 😁 suka versi pake telor ya silahkan.

Bahan-bahan

  • 250 gr Dada Fillet (1/2 bagian dada bisa jadi 3 atau 4 potong)
  • 1 siung bawang putih, parut (untuk 1/2 bagian dada fillet)
  • Secukupnya garam
  • Bahan Pelapis :
  • Secukupnya tepung panir
  • Secukupnya air putih (bisa ganti telur/susu, ME : air putih)
  • Bahan Pelapis Tepung (campur jadi satu) :
  • 1 sdm tepung maizena
  • 5 sdm tepung terigu
  • Secukupnya lada bubuk
  • Secukupnya garam (optional, nggak pake juga nggak papa)

Langkah Membuatnya:

Siapkan dada fillet, iris tipis memanjang.

  • 1 buah dada fillet (±500 gram utuh) bisa jadi 6 atau 8 lembar dada fillet. Ini sudah cukup tebal, atau disesuaikan dengan selera ya ketebalannya mau seberapa.
  • Campur bumbu halusnya, bawang putih dan garam.
  • Siapkan 3 mangkok masing-masing berisi bahan pelapis campuran tepung, air matang, tepung panir. Untuk tepung panir, aku biasanya tak blender lagi biar teksturnya lebih halus.
Resep Masak Chicken Katsu : stok lauk FROZEN
  • Selanjutnya baluri setiap sisi dada fillet yang sudah dipotong tadi dengan campuran bumbu halus. Lakukan sampai habis, diamkan ± 15 menit (atau masukkan dalam chiller).
  • Setelah itu balurkan dalam mangkok tepung pelapis, lanjut ke air, tepung pelapis lagi, celupkan air, terakhir baluri dengan tepung panir. Baluri secara merata dan sedikit ditekan-tekan agar menempel dengan baik.
    Tepung pelapis – Air – Tepung pelapis – Air – Tepung panir. Tata dalam nampan, lakukan sampai selesai. Masukkan dalam freezer (jangan saling tumpang tindih ya, nanti susah diambilnya). Setelah beku, simpan dalam box tertutup rapat ya. Dan chicken katsu frozen sudah selesai.
Resep Masak Chicken Katsu : stok lauk FROZEN

(red/*)

Komentar

Banyak Berita Terhangat Lainya