oleh

Rumus Rubik 4×4 – Paling Mudah dan Lengkap + Gambar

Pembalasan Rubik adalah versi 4×4 dari Kubus Rubik. Ini juga merupakan penemuan Hongaria, dirancang oleh Sebestény Péter. Ini
twisty puzzle dapat digunakan sebagai 2x2x2, tidak mengubah lapisan luar atau dapat digunakan sebagai 3x3x3 jika kita hanya memutar lapisan luar. Ada sekitar 7,4 × 10 permutasi yang memungkinkan untuk puzzle ini.
Ini memiliki 24 tepi, 24 pusat dan 8 bidang sudut. Ini memiliki mekanisme inti yang mirip dengan Rubik’s Cube tetapi dalam kasus ini 4 bagian pusat disatukan oleh pusat tersembunyi. Untuk memisahkannya, keluarkan bagian tengah dengan obeng. Pemasangan kembali bisa sulit kecuali Anda memiliki empat tangan cadangan.
Variasi:
Sama seperti Rubik’s Cube, 4×4 memiliki banyak modifikasi bentuk, dibangun di atas mekanisme bagian dalam yang sama.

Axis Cube – kubus dalam posisi yang sudah ditentukan tetapi ia berubah bentuk saat Anda mengacaknya.
Octahedron – pusat menjadi sudut dan sudut menjadi pusat.
Fisher Cube – ibu dari mods bentuk.
Dibalut Kubus – dengan beberapa bagian terpasang bersama. 2×2 dalam 2×2 oleh Meffert.
Windmill – dengan inti yang sedikit bengkok.
Mastermorphix – 4 shifter bentuk dengan bentuk pil berwarna.
4 shifter bentuk berwarna. Kita harus menyebutkan kubus Hantu dan Cermin 4×4 juga.
Bagaimana Cara memecahkan masalah Rubik 4×4?
Solusinya lebih rumit daripada metode Rubik’s Cube klasik, tetapi jika Anda tahu cara menyelesaikan 3x3x3 maka Anda seharusnya tidak mengalami kesulitan dengan yang satu ini juga. Kami memecahkan 4×4 yang mengelompokkan 4 pusat dan pasangan tepi, dan akhirnya menyelesaikannya seperti 3×3. Beberapa speedcubers dapat menyelesaikan kubus ini di bawah 30 detik sehingga tidak terlalu sulit!
Notasi:
Kami menggunakan huruf untuk menandai rotasi pada kubus, mirip dengan notasi Rubik’s Cube. Giliran dalam datang ketika kita memindahkan dua huruf bersama, tapi kita bisa mendefinisikan irisan putaran ketika kita memindahkan lapisan kedua saja. Kami akan menggunakan notasi NxNxN resmi:

F – Wajah depan luar searah jarum jam
U ‘- Wajah luar menghadap berlawanan arah jarum jam
L2 – Putaran dua kali dari wajah kiri (180)
Fw – Gerakan blok luar: kedua muka depan saling berhadapan searah jarum jam. Untuk NxNxN kubus, kami menandai berapa banyak lapisan yang harus diambil, tetapi kami dapat mengabaikannya untuk kubus 4×4 karena jumlahnya selalu 2: 2Rw ‘. Tutorial lainnya menggunakan huruf kecil untuk menandai putaran ganda.
f – Huruf kecil menandai putaran irisan dalam. u ‘= Uw’ U
Langkah 1: Dua pusat berdekatan

Karena 4×4 tidak memiliki bagian tengah yang tetap yang menentukan warna setiap wajah kita harus menghitung skema warna dari warna potongan sudut.
Gambar menunjukkan skema warna yang paling umum, yang dilindungi hak cipta oleh merek Rubik sehingga produsen lain menghindarinya dengan mengganti oranye dengan ungu atau mengatur ulang wajah. Jika Anda memiliki logo Rubik di kubus Anda maka ini adalah yang harus Anda gunakan.
Mari kita selesaikan pusat berdekatan putih dan kuning terlebih dahulu. Jika Anda tidak dapat menemukan sudut memiliki dua warna ini di samping satu sama lain maka ini akan baik-baik saja.
Langkah ini seharusnya tidak menjadi masalah karena tidak ada bagian yang dipecahkan yang dapat kita berantakan. Gunakan algoritma singkat ini untuk memasukkan potongan dari atas ke lapisan depan.

Dw ‘Fw’ Dw
Ketika wajah putih selesai, Cobalah untuk membangun blok kuning 2×2 di sisi yang berlawanan dengan wajah putih dipindahkan ke bawah. Dengan pusat putih yang telah selesai di bagian bawah:

Rw U Rw ‘dan Rw U2 Rw’
Tags: rumus rubik 4*4,rumus rubik 4 kali 4,rumus rubik 4 x 4 error,rumus rubik 4 x 4 pdf,rumus main rubik 4 x 4,rumus menyelesaikan rubik 4 x 4
rumus rubik 4×4 lantai 4,rumus rubik 4 x 4
Langkah 2: Sisa empat pusat
Pindahkan bagian tengah yang telah selesai ke kiri dan kanan untuk menjauhkan mereka. Bangun blok pertama kemudian awasi skema warna untuk blok berikutnya.

Gunakan algoritma yang sama seperti di atas, dengan pusat putih dan kuning di kiri dan kanan:
Rw U Rw ‘
rumus rubik 4 × 4,rumus rubik 4×4,rumus rubik 4 balok,rumus rubik 4 detik,cara menyelesaikan rubik 4 kali 4,rumus rubik 4 kotak,rumus rubik 4×4 lengkap
Langkah 3: Pasangkan tepi
Blok tengah sudah selesai dan sekarang kita harus memasangkan tepi. Gunakan algoritme di bawah ini untuk melampirkan dua tepi dari tepi kiri-depan dan kanan-depan. Bergantung pada posisi mereka, kita harus menggunakan dua algoritma cermin. Pastikan tidak ada tepi lengkap di atas potongan tepi bawah (ditandai dengan panah) karena algoritma ini akan merusak itu.
Ketika potongan-potongan yang cocok bersebelahan pada tingkat yang sama (gambar ke-3), Anda harus membalik yang terbalik agar dapat melakukan salah satu gerakan.

Kasus pertama: Uw L ‘U’ L Uw ‘Kasus kedua: Uw’ R U R ‘Uw Berdampingan: R U’ B ‘R2
Ketika Anda mencapai dua tepi terakhir maka Anda tidak akan dapat menggunakan pasangan tepi yang tidak cocok di lapisan atas karena mereka semua telah berpasangan. Kami memiliki algoritma terpisah untuk menyelesaikan dua sisi terakhir. Gunakan trik R U ‘B’ R2 di atas jika potongan-potongan tidak selaras dengan benar.

Tepi terakhir: Dw R F ‘U R’ F Dw ‘
Langkah 4: Selesaikan seperti 3×3
Dari titik ini, kita dapat menyelesaikan kubus dengan menyelesaikannya seperti 3×3, memutar lapisan luar saja. Baca di sini cara menyelesaikan Rubik’s Cube jika Anda memerlukan bantuan lebih lanjut tetapi belum menutup halaman ini karena Anda mungkin menghadapi salah satu kasus paritas saat Anda melangkah lebih jauh.

4×4 dikurangi menjadi 3×3
Langkah 5: Kasus paritas
Saat Anda mencapai lapisan terakhir, Anda mungkin menemukan diri Anda dalam situasi di mana kubus tampaknya tidak terpecahkan. Misalnya ketika Anda mencapai palang kuning dan satu sisi tampaknya berorientasi salah atau Anda menemukan dua potong di tempat yang benar ketika Anda memposisikan sudut lapisan terakhir. Lihat algoritma panjang mana yang memecahkan situasi Anda.

Reorientasi 2 dan 3:
r2 B2 U2 l – U2 r ‘U2 r – U2 F2 r F2 – l’ B2 r2
Sama tanpa irisan bergerak:
Rw2 R2 B2 U2 – Lw L ‘U2 Rw’ – R U2 Rw R ‘- U2 F2 Rw R’ – F2 Lw ‘L – B2 Rw2 R2
Tukar 4 dan 5:
Rw2 f2 U2 Fw2 – D Rw2 U2 F
w2 – U F Fw2 L2 U2 – B2 Lw2 U
Algoritma yang sama tanpa irisan bergerak:
Rw2 Fw2 F2 U2 Fw2 – D Rw2 U2 Fw2 – U ‘Fw2 L2 U2 – B2 Lw2 U
Tukar 1 dan 4:
F2 R2 B ‘- D’ B R2 F ‘U – Fw2 F L2 – f2 Lw2 – f2 l2 U’ (ok)
Algoritma yang sama tanpa irisan bergerak:
F2 R2 B ‘- D’ B R2 F ‘U – Fw2 F L2 – Fw2 F2 Lw2 – Fw2 F2 Lw2 L2 U’
rumus rubik 4 warna,menyelesaikan rubik 4 x 4
cara menyelesaikan rubik 4 x 4,rumus rubik 4*4*4

Komentar

Banyak Berita Terhangat Lainya