oleh

Tiba-tiba Muncul Memar Pada Tubuh? Bisa Jadi 5 Hal Ini Penyebabnya

-Berita-189 Dilihat

Pernahkah anda mendapati memar tanpa sebab di kaki, tangan, atau bagian tubuh lainnya? Memar yang muncul tiba-tiba memang membuat kita penasaran, padahal kita tidak tersandung atau terjatuh.
Ini kenapa bisa terjadi, ya?

Ternyata memar tanpa sebab di tubuh kita umumnya disebabkan beberapa hal di bawah ini.

1. Kekurangan Vitamin
Beberapa jenis vitamin bermanfaat untuk membuat darah, menutup luka, atau pun menyembuhkan luka. Jika kita kekurangan vitamin dalam jumlah yang sedikit, mungkin tidak menimbulkan gejala apapun.
Namun jika kekurangan vitamin it uterus berlanjut, maka bisa muncul gejala seperti memar di tubuh.
Misalnya seperti vitamin B12 bersama dengan folat membuat DNa sel darah merah. Kekurangan vitamin B12 membuat memar terlihat jelas dibanding biasanya. Vitamin lain yaitu vitamin K juga penting dalam pembekuan darah.
Sehingga jika kita kekurangan vitamin itu, dapat membuat pembuluh darah bocor dan kelihatan memar di permukaan kulit. Kekurangan vitamin C juga bisa membuat pembuluh darah menjadi lemah dan mudah mengalami memar.
2. Penuaan
Bagi orang yang sudah dewasa bisa disebabkan karena penuaan. Kulit yang mengalami penuaan akan terlihat tipis, lebih bening, dan pucat karena adanya perubahan pada lapisan paling atas. Perubahan di lapisan dalam kulit (dermis) bisa menyebabkan kita lebih sering mengalami memar.
3. Penyakit Tertentu
Penyakit Von Willebrand memiliki gejala khas berupa memar di tubuh yang diikuti dengan masalah pembuluh darah lainnya. Penyakit seperti ini muncul karena kekurangan protein tertentu yang berperan penting dalam proses pembekuan darah.
Biasanya penyakit ini merupakan keturunan. Walau tidak ada obatnya, tapi dokter bisa mengatasinya dengan obat-obatan tertentu.
4. Olahraga
Olahraga berlebihan bisa jadi penyebab memar yang tidak bisa dijelaskan. Tekanan atau stres juga dapat membuat pembuluh darah robek dan pecah.
Olahraga angkat beban yang terlalu sering juga dapat menyebabkan robekan di pembuluh darah sehingga muncul memar. Kondisi tersebut tidak memerlukan bantuan dokter, kecuali jika dibarengi dengan rasa nyeri atau memar tak hilang dalam jangka waktu lama.
5. Diabetes
Diabetes yang tidak terkontrol bisa merusak peredaran darah di tubuh, sehingga lebih gampang muncul memar di tubuh. Penderita diabetes juga rentan mengalami hiperglikemia atau glukosa terlalu tinggi sehingga merusak pembuluh darah.

Komentar