Diduga Karena Kelelahan, Seratusan Massa Pendukung AMIN Pingsan Saat Semagat Kampanye Akbar di JIS

JAKARTA, Sriwijaya Aktual – Seratusan massa pendukung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar ‘AMIN’ pingsan saat kampanye akbar di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara pada Sabtu (10/2/2024). Sekretaris Relawan Kesehatan Indonesia (RKI) Virgina yang merupakan tim medis kampanye akbar AMIN di JIS mengatakan, di posko yang diurusnya yang berada di selasar JIS ada sebanyak 25 orang yang pingsan.

Lalu, selain di posko, ada sejumlah orang yang tidak bisa dievakuasi k2 posko dan langsung ditangani di tribun. Menurut catatannya, di tiap tribun ada belasan orang yang pingsan.

“Kalau yang di tribun tim perawat dan tim terapis yang melapor itu aatu tribun ada 15 orang. Jumlah tribun ada tujuh. Jadi seratusan yang pingsan,” tutur Virgina saat ditemui usai gelaran kampanye akbar, Sabtu (10/2/2024).

Secara total berdasarkan informasi yang diungkapkan oleh Virgina, berarti ada 130 orang yang alami pingsan saat acara kampanye akbar AMIN di JIS berlangsung. Menurut penjelasannya, para massa pendukung yang pingsan rerata karena kelelahan dan kekurangan oksigen.

Sebagian lainnya juga mengalami asam lambung hingga jantung. Hal itu seiring dengan musim hujan yang terjadi di kawasan JIS pada Jumat (9/2/2024) hingga Sabtu (10/2/2024).

Virgina mengatakan, seratusan orang tersebut sudah mendapatkan perawatan medis. Ada sebagian yang dibawa ke posko utama dan dirujuk ke rumah sakit, namun ia menyebut belum memiliki data tentang itu.

“Kalau perawatan yang masih bisa di-back up di posko kita back up dengan bantuan oksigen. Ketika tidak bisa (dirawat di posko) dievakuasi ke posko utama,” tuturnya. (*)

Spesial Untuk Mu :  Kasus Jessica Jadi Sorotan Publik, KY Ingatkan Hakim Cerdas Dalam Pimpin Persidangan

Komentar